Resep MPASI : Nasi Kukus Sayuran (9m)

Assalamualaikum,

Haloooo, resep ini dapet dari blog lafamilledewijaya.blogspot.com dan bersumber dari Nestle dengan sedikit modifikasi. One dish meal is always my favorite hehe..

INGREDIENTS

  • 100 gram beras, cuci dan tiriskan
  • 1 sdm unsalted butter
  • ¼ buah bawang bombay, cincang halus
  • 2 siung putih, cincang halus
  • 100 gr ayam giling
  • 150 ml air
  • 50 gram kacang polong
  • 1 buah wortel, potong dadu kecil
  • 1 sdm seledri, cincang halus

HOW TO

  1. Panaskan unsalted butter, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum, masukkan ayam giling dan beras aduk rata
  2. Tuangi air, aduk rata hingga air habis, masukkan kacang polong, wortel, seledri, aduk rata.
  3. Masukkan campuran nasi ke dalam mangkuk tahan panas lalu kukus hingga matang. Angkat.

Hugs,

Advertisements

Resep MPASI : Pie Jagung Kukus (8m+)

Assalamualaikum,

Menu sarapan kali ini adalah Pie Jagung Kukus. Dapet resepnya dari milis MPASI Rumahan, gampang banget bikinnya dan Affan suka yeay! 🙂

INGREDIENTS

  • 1 buah jagung manis (harusnya sih diparut diresepnya, tapi Affan udah bisa makan tanpa diparut jadi langsung dipipil aja)
  • 1 sdm oatmeal
  • 1 sdm keju parut (bisa disesuaikan dengan selera)
  • 30-50 ml susu formula/ASI/UHT , tergantung kekentalan yang diinginkan

HOW TO

  1. Campur semua bahan jadi satu, tempatkan dalam wadah tahan panas.
  2. Kukus selama 15 menit.

Kiss,

Resep MPASI : Bakso Ayam Oat (9m)

Assalamualaikum,

Masak apaa, masak apaaaa. Masak ini aja deh hehehe. Pas liat resepnya nampak simpel. Resepnya dapet dari account Instagram @resepyummyanak kiriman dari Mbak @dekamevia .. Resep ini sedikit gue modifikasi karena sayurannya gue ganti jadi bayam dan brokoli, karena Affan udah keseringan banget makan wortel, takut hiperbetakaroten 🙂 (di resep aslinya cuma pake wortel).

INGREDIENTS

  • 3 sdm daging ayam giling
  • 5 sdm tepung oat
  • 1 siung bawang merah, haluskan
  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • Keju cheddar, potong menjadi kotak kecil untuk isian
  • Daun bawang dan daun seledri secukupnya, cincang halus
  • 2 kuntum brokoli, ambil daunnya, cincang kasar
  • 2 sdm bayam merah, iris kasar

HOW TO

  1. Campur ayam giling, brokoli, bayam, tepung oat dan bawang merah putih halus, tambahkan air secukupnya, aduk sampai tercampur rata.
  2. Bentuk bulat bulat dan selipkan keju di tengah baksonya.
  3. Masukkan butiran bakso kedalam air mendidih, rebus hingga mengapung. Angkat dan tiriskan.
  4. Sajikan dengan nasi hangat.

Hugs,

Resep MPASI : Pasta Lapis Ayam Sayur (9m)

Assalamualaikum,

Hmmm kemarin ituuu suami lagi pengen banget makan lasagna. Terus randomly gue menyanggupi dengan, “Ah aku bisa kok bikin lasagna. Tapi dikukus yah, kan gak punya oven”..  Nekat berat padahal sebelumnya belum pernah masak beginian untuk orang dewasa hahaha. Cari resep sana sini akhirnya nemu lah resep lasagna untuk suami.

Naah, ternyata masih ada sisa lasagnanya 4 lembar. Lembaran lasagnanya patah patah sebagian, tapi berhubung gak mau rugi  bisa dipake kok. Yaa jadi hasilnya agak kurang rapih aja. Nah lasagnanya Affan ini diolah dengan nyontek resep di blog lafamilledewijaya.blogspot.com dan menurut si empunya blog, resep ini dapet dari Nestle dengan sedikit modifikasi. Yuuuk coba!

INGREDIENTS

  • 1 sdm unsalted butter
  • ¼ buah bawang bombay, cincang halus
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 100 grams ayam giling
  • 1 sdm kacang polong cacahan wortel
  • 1 sdm jagung manis
  • 1 sdm tepung terigu
  • 150 ml air hangat
  • 1 sdm seledri cincang
  • 4 lembar lasagna, rebus hingga lembut, tiriskan
  • 100 gr keju parut

HOW TO

  1. Panaskan unsalted butter, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum, masukkan ayam giling masak hingga berubah warna. Tambhakan kacang polong dan jagung aduk rata.
  2. Tambahkan tepung terigu, aduk rata hingga semua matang.
  3. Di luar api, masukkan seledri lalu aduk rata.
  4. Siapkan lasagna lalu beri tumisan ayam, ratakan dan taburi keju parut lapis kembali dengan lasagna, lakukan hingga selesai
  5. Setelah itu, kukus deh sekitar 15 menitan 🙂

Berantakan kan yaaaah, tapi rasanya enaaaaaaak bangeeeeet. Ayahnya juga suka lasagna yang gue bikin buat dia. Yeay!

Kisses,

Resep MPASI : Dory with Spinach Cream Sauce (9m)

Assalamualaikum,

Kali ini ikan dorynya gue masak dengan mengadopsi resep Ikan Saus Krim dari webnya MPASI Rumahan. Resepnya sih untuk 12m+ tapi di modif sedikit biar aman untuk Affan yang 9m. Enak dan Affan suka bangeeet. Super yum!

INGREDIENTS

  • 60 grams kuntum brokoli
  • 60 grams daun bawang cincang
  • 100 grams wortel bayam merah cincang (dikulkas lagi ga ada wortel haha)
  • 1 sdm unsalted butter
  • 150 gram filet ikan berdaging putih (bisa dory atau kakap)
  • 3 butir utuh merica
  • 1 lembar daun salam ukuran kecil
  • Oregano secukupnya
  • 3 sdt unsalted butter
  • 150 ml susu formula cair
  • 1 sdm tepung terigu
  • 50 grams keju diparut

 

HOW TO

  1. Lelehkan mentega dalam wajan, tambahkan daun bawang cincang. Tumis sebentar sampai layu, tambahkan wortel cincang beri sedikit air. Tutup, biarkan matang. Tambahkan brokoli.
  2. Sementara menunggu lembut, di kompor lain, masukkan ikan, susu, merica, oregano, daun salam. Panaskan dengan api kecil hingga ikan matang. Ambil ikan, simpan “kuah”nya. Daging ikan bisa disuwir kecil-kecil. Jangan lupa, buang merica dan daun salam-nya ya.
  3. Ambil dan larutkan tepung terigu dengan kuah susu. Masukkan kembali ke dalam kuah susu dan panaskan. Aduk sampai kental, angkat, tambahkan keju.
  4. Buanglah air yang ada dalam tumisan sayuran (kalo berair), masukkan dalam kuah krim. Sajikan ikan dengan saus krim keju-sayurnya.

Hugs,

Resep MPASI : Roti Gurih (9m+)

Assalamualaikum,

Menu sarapan Affan kali ini adalah roti gurih. Dapet resep ini sih dari milis MPASI Rumahan yah, cuma katanya resep ini sebenernya adalah resepnya Pak Wied Harry yang tercantum di buku beliau. Judul bukunya gue kurang tau juga yah maaf. Nah, langsung dipraktekkin deh dengan dimodif sedikit terutama kuantitasnya hehehe. Jadi beginilah roti gurih versi gue 😉

INGREDIENTS

  • 2 lembar roti tawar kupas, potong menjadi 16 bagian
  • 2 sdm ikan kakap cincang, lumatkan
  • 1 sdm keju parut
  • 25 grams wortel parut, rebus sampe empuk
  • 25 grams baby buncis, iris tipis, rebus
  • 50 ml kaldu ikan atau air
  • 1 sdm tepung terigu
  • 1 butir telur ayam, kocok lepas

 

HOW TO

  1. Ratakan wortel dan buncis di dasar mangkok. Atur roti diatasnya. Taburi ikan dan keju.
  2. Campur kaldu/air dan terigu. Masukan telur, aduk rata. Tuang keatas potongan roti.
  3. Kukus hingga masak sekitar 20 menit.

Voila! Affan dan Ayah Affan sukaaa banget, sampe gue harus bikinin 1 porsi lagi untuk sarapan Ayahnya. Buat Ayahnya tinggal tambah sedikit merica bubuk, extra cheese, dan dimakan pake saos sambel. Yummy!

Love,

Resep MPASI : Tim Nasi Bayam Dory (9m)

Assalamualaikum,

Ikan berikutnya adalah ikan dory. Nama asli ikan dory ialah John Dory Fish merupakan salah satu jenis ikan laut yang badannya berwarna keperakan, bersirip lebar dan matanya besar.  Ikan ini banyak terdapat di laut Mediteranian dan Atlantik.  Ikan ini dagingnya putih dan halus.  Berdasarkan penelitian, ikan dory mempunyai kandungan omega 3, yodium, zat besi, magnesium, taurin, selenium, flourida, DHA, EPA dan sebagainya). Bagi penderita tekanan darah tinggi, kandungan DHA & EPA dalam ikan ini membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan protein, vitamin, mineral & asam lemak omega 3 baik sekali untuk mata, jantung, pencernaan, otot, dan meningkatkan kecerdasan anak (sumber: imerynz.blogspot.com/2013/03/house-of-recipes-ikan-dory.html). Nemu resep ini di milis MPASI Rumahan dan alhamdulillah lagi Affan suka dan gak ada tanda alergi yeay!

INGREDIENTS

  • 2 genggam beras
  • 300 ml air/kaldu
  • Bawang bombay secukupnya, cincang
  • 1 genggam bayam merah, cincang halus
  • 1 batang daun seledri, cincang
  • 1 potong ikan dory fillet, cincang
  • Lada sejumput
  • Pala bubuk, sejumput
  • Unsalted butter

 

HOW TO

  1. Rebus bayam merah hingga matang, sisihkan.
  2. Tumis bawang bombay dengan butter hingga harum, beri air atau kaldu.
  3. Masukkan beras (cuci terlebih dahulu), aduk-aduk dengan api kecil agar tidak gosong.
  4. Setelah beras hampir menjadi nasi, masukan ikan cincang dan seledri, kemudian beri lada dan pala, masak hingga matang
  5. Sajikan hangat (bisa beri parutan keju jika suka).

Love,