Resep MPASI : Beef, Peas and Celery Butter Rice (12m+)

Assalamualaikum,

Mau share resep Affan lagi sekarang, secara bulan Ramadhannya sudah berakhir 🙂 Sekarang Affan lagi hobi banget segala macem sop dan soto. Jadi tiap hari bikin itu terus cuma isinya diganti ganti biar tetep bervariasi gizinya. Nah resep kali ini gue dapet dari instagramnya Mommy @kentskyler .. Cepet banget bikinnya, semacam nasi goreng tapi gak kering banget juga. Dan Affan doyan banget makan ini 😀 Resep asli bisa dicari di instagram yang bersangkutan yaa kalo ini agak sedikit gue modifikasi 🙂

INGREDIENTS

  • 2 sdm unsalted butter
  • 1 porsi nasi putih
  • 2 siung bawang merah, iris halus
  • 1 sdm kacang polong
  • 2 sdm daging cincang
  • 2 sdt seledri, iris kasar (ini kelupaan)
  • 1 sdm terong ungu, potong dadu
  • Gula garam secukupnya

HOW TO

  1. Tumis sedikit butter dan bawang merah sampai harum.
  2. Masukkan daging sapi, kacang polong dan terong sampai matang (boleh ditambah sedikit air).
  3. Tambahkan butter 2 sdm.
  4. Masukkan nasi dan cincangan seledri. Masak sampai matang dan tercampur rata.

Love,

Resep MPASI : Tumis Jagung Tempe (8m+)

Assalamualaikum,

Resep dari milis MPASI Rumahan

INGREDIENTS 

  • 1 buah tempe, potong dadu
  • 2 sdm jagung manis pipil
  • Wortel secukupnya, potong dadu
  • 2 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • Ketumbar
  • Unsalted butter
  • Air kaldu/air

HOW TO

  1. Kukus tempe dengan ulekan bawang putih dan ketumbar.
  2. Rebus wortel dan jagung sampai agak matang dengan kaldu.
  3. Tumis bawang merah dengan butter kemudian masukan tempe yang sudah dikukus sampai harum.
  4. Masukan rebusan wortel dan jagung beserta air rebusannya.
  5. Tambahkan sedikit lada agar lebih tasty, atau jika suka tambahkan keju parut.

LOVE,

Review MPASI Affan – 11m

Assalamualaikum,

Huaaaa 11 bulan ini Affan sering banget ngelepeh dan GTM. Sempet sakit juga jadi susah bangeeet makannya. Akhirnya gue terpaksa ngulang menu yang udah pernah gue bikin dan dia suka demi menghindari buang-buang makanan yang belum tentu dia doyan. Jadi resep 11 bulannya sedikit deh ini. Maafkan yah hehehe.

Affan di 11 bulan ini cuma nambah misoa dan telur puyuh aja yang baru. Dan dia suka banget. Belum berani bereksplor sama santen, jadi mungkin 12 bulan ini akan dikenalin sekalian membenahi mood emaknya yang masih ragu untuk eksplor lagi.

Oh iyaa 12+ ini sudah boleh gula garam dan makan table food. Nah anak udah bisa makan makanan seperti yang orang dewasa makan, tapi gue tetep membatasi makanan Affan dengan ga ngasih dia gorengan yang deep fried. Untuk makanan yang dibakar arang, makanan pedes, es es, makanan yang gulanya berlebih atau coklat juga tetep ga akan gue kasih. Gue akan tetep masak tanpa gula garam, kalo anaknya ga mau baru gue tambah gula garam. Tapi kalo Affan tetep oke makan kaya gitu ya ga akan gue pakein juga. Semoga Affan nafsu makannya membaik lagi amiiiiin 🙂

Love,

Resep MPASI : Sup Mie Hati Ayam (11m)

Assalamualaikum,

Halooo maaf bangeet ih jarang update. Soalnya minggu-minggu ini lagi prepare untuk ulang tahun Affan. Halaaah sok sibuk macam bikin perayaan aja ahahaha. Resep ini aslinya adalah resep Sup Mie Ayam Tempe dari web @mamakokihandal tapi gue modifikasi karena lagi gak nyetok tempe. Beginilah jadinya dan teteeup enak 😉

INGREDIENTS

  • 100 gram mie organik wortel yang sudah direbus sesuai petunjuk dan ditiriskan lalu potong-potong kurang lebih 1 cm.
  • 2 keping hati ayam, bersihkan.
  • 75 gram tahu, potong kotak kecil.
  • 100 gram wortel, potong-potong.
  • 500 ml air matang.
  • 3 siung bawang putih, digeprek.
  • ½ sendok teh pala bubuk.
  • Minyak untuk menumis.
  • Keju untuk taburan dan perasa gurih.

HOW TO

  1. Rebus hati ayam sampai matang dan empuk.
  2. Tumis bawang putih hingga wangi, tuang ke dalam rebusan hati yang sudah mendidih.
  3. Tambahkan tahu dan wortel.
  4. Setelah sayuran matang, angkat dan sajikan dengan mienya. Bisa ditambah taburan keju biar gurih.

 

Love,

Resep MPASI : Kari Ayam Yoghurt (11m)

Assalamualaikum,

Makanan Affan yang ini enaaaak banget dan Affan suka banget. Dia selalu lahap tiap makan makanan yang medok rempah-rempah. Emang bener anak Minang-Arab ya gini ya Bang hihihi. Btw resep ini dari Makmod Depe Zahrial. Enak bangeeeet!

INGREDIENTS

  • 120 grams fillet dada ayam tanpa kulit, cincang halus.
  • 60 ml yogurt plain kental (gue pake 1 sdm doang)
  • 1 siung bawang putih, parut/cacah halus
  • 1 sdt peres/rata bubuk kari.
  • 3 lembar daun kari kering remas-remas, atau daun yang segar diiris halus (gue skip)
  • 1 sdt minyak zaitun atau 1 sdm butter (mentega) untuk menumis
  • 1 sdt daun bawang cincang (optional)

 

HOW TO

  1. Panaskan wajan, tuang minyak.
  2. Tumis bawang putih hingga harum, tambahkan daun kari dan bubuk kari.
  3. Masukkan cincangan dada ayam, masak hingga daging berubah warna.
  4. Tambahkan yogurt, masak hingga terserap dalam daging menggunakan api kecil sambil terus diaduk.
  5. Matikan api, masukkan daun bawang jika dikehendaki.
  6. Sajikan bersama nasi tim, atau nasi ditambah aneka sayuran kukus (kalo gue langsung gue tambahin kentang aja di karinya)

Catatan: *Bubuk Kari: campuran kunyit, ketumbar, jinten kering yang dihaluskan

Kiss,

Resep MPASI : Schomi Yummy (11m)

Assalamualaikum,

Yeay! Affan perdana nyicipin misoa. Resep berikut dapet dari milis MPASI Rumahan dan ini resepnya Mama Gebby.

INGREDIENTS

  • 1 ikat misoa
  • 2 batang baby wortel, parut
  • 1/4 paprika hijau (gue ganti pokchoy)
  • 1 sdm jagung manis pipil (inisiatif sendiri)
  • 1/3 kemasan tahu sutra
  • 2 jari tempe
  • 100 ml air kaldu
  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 siung bawang merah cincang halus
  • 1/4 tomat, buang kulit dan biji, cincang halus
  • 1 sdm keju parut
  • 1 sdm minyak / 1 knob unsalted butter

HOW TO

  1. Kukus tahu, tempe, sampai matang, haluskan dengan sendok.
  2. Panaskan air di panci sampai mendidih, masukkan misoa, matikan api. Aduk hingga lepas dan lemas. Angkat dengan saringan kawat, potong-potong dengan sendok. Sisihkan.
  3. Panaskan butter/minyak, tumis duo bawang, pokchoy, jagung manis dan tomat sampai berubah warna. Siram dengan air kaldu, biarkan mendidih. Masukkan wortel, kecilkan api. Masukkan tahu, tempe dan misoa.
  4. Angkat dari kompor. Siapkan pinggan tahan panas. Masukkan kira-kira pas dengan porsi makan anak.
  5. Kukus kurang lebih 20 menit sampai kaldu habis.

Love,

Resep MPASI : Sup Ayam Makaroni Jagung (10m)

Assalamualaikum,

Resep dari milis MPASI Rumahan

 

INGREDIENTS

  • 1 siung bawang putih, iris kecil
  • 1 sdm bawang bombay cincang
  • 150 ml kaldu ayam
  • 1 buah fillet dada ayam (kalo blm bisa kasar bisa pake ayam cincang)
  • 1 sdm makaroni elbow, rebus hingga lunak
  • Wortel secukupnya, potong dadu
  • 1 sdm jagung manis pipil
  • 1/2 buah kentang ukuran besar, potong kotak
  • 1 sdm keju untuk rasa gurih
  • Unsalted butter untuk menumis

HOW TO

  1. Tumis bawang bombay dan bawang putih dengan unsalted butter hingga harum.
  2. Tambahkan kaldu ayam.
  3. Masukkan daging ayam, lalu masukkan makaroni sedikit saja.
  4. Masukkan wortel dan jagung, rebus sampai semua lunak.
  5. Tambah keju untuk perasa.
  6. Angkat dan suwir daging ayam dengan garpu.
  7. Sajikan bersama nasi atau nasi lembek.

Love,

Resep MPASI : Puding Roti Labu Kuning (10m)

 

Assalamualaikum,

 

(Resep dari milis MPASI Rumahan)

INGREDIENTS

  • 2 hingga 3 lembar roti gandum, sobek kecil (tergantung porsi anaknya)
  • 3 sdm kabocha kuning, kukus
  • 100 cc susu cair
  • 1 buah telur,kocok
  • 2 sdm madu
  • 1/2 sdt cinnamon bubuk
  • 1/4 sdt vanilla bubuk
  • 1 sdm kismis, potong kecil

 

HOW TO 

  1. Campur roti sobek dengan susu, ratakan, diamkan hingga susu meresap ke roti, sisihkan.
  2. Di wadah lain, campurkan labu, telur, cinnamon, kismis, aduk hingga rata.
  3. Campur adonan roti dengan adonan labu.
  4. Tutup adonan,dan diamkan di kulkas selama 30 menit
  5. Pindahkan ke pinggan tahan panas, masukkan ke oven, panggang atau kukus selama kurang lebih 15 menit.

Kiss,

Resep MPASI : Sup Dori Asam Manis (10m)

Assalamualaikum,

Resep ini didapet dari buku 99+ Resep Rumahan Cihuy @mamakokihandal karya Mama Margaret Fendi. Resep aslinya adalah Sup Salmon Asam Manis tapi berhubung Affan kayanya alergi salmon jadi diganti dory aja 🙂


INGREDIENTS

  • 30 grams salmon cincang (lepaskan kulitnya sebagai kaldu)
  • 50 gr apel malang manalagi, parut kasar
  • 2 buah jamur kancing, iris tipis (inisiatif sendiri)
  • 40 gr tomat, parut
  • 1 buah bawang putih, haluskan
  • 1 siung bawang merah, haluskan
  • ¼ batang daun bawang, iris halus
  • ½ ruas jari jahe, keprek
  • ½ ruas jari lengkuas, keprek
  • 1 lembar daun salam
  • 1 lembar daun jeruk utuh (gak usah diambil tulangnya)
  • 150 cc air

 

HOW TO

  1. Panaskan air, masukkan kulit salmon, bawang merah + putih, jahe, lengkuas, daun jeruk & daun salam, rebus sampai mendidih.
  2. Masukkan salmon sampai berubah warna.
  3. Masukkan apel & tomat serta daun bawang.
  4. Masak sampai air tinggal sedikit. Angkat, sajikan hangat.
  5. Kalau bayinya gak alergi susu sapi, bisa ditambah ½ sdt keju parut supaya gurih..

 

LOVE,

Resep MPASI : Gindara Kuah Kuning (10m)

Assalamualaikum,

(Resep dari blognya Mami Kenzie, bersumber dari milis MPASI Rumahan dan ditambah tahu biar makin kenyang hehe)

INGREDIENTS

  • 40 gram ikan laut/tawar
  • 2 potong tahu putih, potong kotak
  • 1 siung bawang merah, iris
  • 1 siung bawang putih, iris
  • 1 lembar daun salam
  • 1 cm jahe, iris
  • 1 cm kunyit, iris
  • 1/4 tomat sedang, iris
  • 1/2 buah jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis
  • 70 ml air

HOW TO

  1. Ikan dilumuri dengan air jeruk nipis, diamkan 10-15 menit, lalu cuci kembali agar ikan tidak terlalu asam.
  2. Panaskan kukusan. Tata semua bahan di atas wadah tahan panas.
  3. Tambahkan 70 ml air
  4. Kukus kurang lebih 25 menit.

 

Love,