Ibu-Ibu Nyinyir Sibuk Gosip, Mommy Melengos!

Assalamualaikuuum,

*tiup-tiup debu*

Huaaaa, so sorry for being busy nowadays. Yah berhubung sekarang ga punya ART jadi semuanya dikerjain sendiri deh. Capek? Bangeeeet. Tapi dalam hati tenang sih gak pusing sama drama ART lagi hehe.

Jadi yah, ujung dari balada ART gue kemarin adalah, gue dan suami memutuskan untuk masukin Affan ke daycare aja. Karena gue dan suami masih tetep harus kerja 🙂

Kenapa ga resign aja?
Aduh please deeeeeh orang-orang yang suka nanya kaya gitu. Diperjelas sekali lagi yah, mau gue kerja, mau gue dirumah, mau anak gue dimasukin daycare, mau dirumah sama ART, itu urusan gue kok gak usah ikut repot-repot mikirin apalagi nyumpahin dan nakut-nakutin. Kalo abis ngomong gitu terus mau jagain Affan sih gapapa. Dan yah yang paling tau kondisi anak gue, kondisi keuangan keluarga gue ya gue sendiri. Gue dan suami udah mikirin, gue dan dia masih harus kerja demi masa depan kami nantinya. Jadiiii yang suka suruh-suruh gue resign, siniii tetep kasih uang bulanan gue juga yah jangan cuma nyuruh-nyuruh aja bisanya *keluar tanduk*

Kenapa daycare? Kenapa ga cari ART aja?
Masukin anak ke daycare udah dipikirin mateng-mateng juga sama gue dan suami. Kita lebih memilih untuk masukin Affan ke daycare daripada Affan dirumah sama ART. Alasan yang pertama adalah bahwa gue nilai daycare itu lebih aman dan lebih edukatif. Kalo dirumah sama ART, Affan cuma dipenuhi kebutuhan intinya seperti makan, mandi, tidur, pipis dan pup. Dan pasti diajak nonton TV terus. Gue pribadi gak terlalu suka mencekoki anak dengan TV, karena TV kan forbidden untuk batita. Kalo dirumah, dia juga ga ada kegiatan, ga punya time schedule, ga banyak temen sepantaran untuk bersosialisasi. Dan alasan lainnya adalah gue udah males ngeliat kelakuan ART jaman sekarang. Kalo daycare kan jelas, dia ga akan pulang kampung terus kabur ga balik-balik. Alasan lain lagi, ART itu bisa ngajarin anak kita apa sih? Yang diajarin seadanya banget. Kalo di daycare kan Affan distimulasi banyak hal.

Kok tega banget masukin anak ke daycare?
Ya ampuuuun! Emang si Affan gue apain yah sampe dibilang tega? Apa sih bedanya sama kemarin ninggal dia dirumah sama ART?? Membiarkan dia mandiri terlalu dini? Loh kan disana dia juga dilayani kok. Affan disana gak cuci piring sendiri atau ganti diapers sendiri loh 😀

Ini bukan masalah tega gak tega, kalau masalah tega memang harus tega. Sebenernya nyekolahin anak itu juga harus tega nantinya. Bedanya hanya waktu. Nanti ketika umur 4 tahun waktunya anak-anak masuk sekolah, mungkin anak-anak yang belum pernah masuk daycare akan drama nangis-nangis pas ditinggal. Tapi insya Allah Affan udah terbiasa, dan gue akan balik nyolek ibu-ibu yang suka bilang gue tega : “Ya ampun Buuuuuuuu! Tega banget deh nyekolahin anak!” *ngikik*

Daaan ada yang bilang, “Yah emang sih jadi ibu sejati susah. Bisa melahirkan harus bisa urus dong”.

WHAAAAT? Ini bukan masalah menjadi ibu sejati atau enggak. Ibu sejati stays at home, gitukah? Hadeh, mana ada sih ibu yang gak sejati? Dan siapa bilang gue bisanya melahirkan doang? Gue kan bisa bikinnya juga kaliiii

Jujur ya, capek banget dengerin orang nyinyiran kaya gini. Gue sih cuma bisa nyengir, dumel dan elus-elus dada aja deh dengernya. Sesama wanita, sesama ibu, mbok ya ngerti dan menghargai keputusan gue. Satu hal yang harus dipahami bahwa kondisi tiap keluarga itu beda. Mungkin keluarga mereka sudah lebih dari cukup hidupnya jadi bisa enak leha-leha dirumah. Jujur gue dan suami kan baru berumah tangga 2 tahun dan masih berada dalam tahap berjuang bersama, masih banyak hal yang harus kita siapin untuk bekal anak anak dan bekal kita tua nantinya. Menurut kami, naro Affan di daycare itu sudah keputusan yang terbaik untuk saat ini. Masalah keamanan Affan, semua gue serahkan sama Yang Diatas. Allah toh sudah menuliskan jalan hidup kami. Gue dan suami hanya berusaha mencari opsi paling baik yang bisa kami jalanin.

Jadiii, buat yang suka nyinyirin gue karena nitipin anak di daycare yaaa makasih yaa atas perhatiannya. Tapi maaf banget, gue bukan orang yang mudah untuk dipengaruhi kecuali itu gue anggap benar dan tepat. Nahhh jadi gue akan tetep nitipin Affan di daycare (kecuali keadaan berubah), dan kalian pasti makin kesel kan yahhhhhh? Hmmmm, i love making people who already hate me, hate me more loh buuuu 😛

Sekian dulu ibu-ibu, Mommy Affan kerja duluuu yahhhh. BYE! *kedip kedip manja*

People are going to talk no matter what you do, so you might as well give them something to talk about.

Kiss,