affanaimar : 14 mos

Assalamualaikum,

Haduuuh banyak hutang postingan di draft, semua ini gegara drama ART yang gak kelar-kelar 😦 Nanti akan gue ceritain deh serunya drama ART gue yah hahaha.

Yang jelas, AFFAN is 14 mos now! Yeay! Alhamdulillah dia sehat sehat, looks happy dan semakin pinter. Semakin pinter ngikutin yang kita lakuin, semakin banyak tingkah, sumringah terus juga. Giginya udah hampir 14 loh diaaaa, hihihi.

Dan PR gue adalah gimana caranya terus menstimulasi dia untuk lancar bicara. Karenaa, kosakata dia baru mamam, mimi, ayah, tatow (atok), dadah, acih (terima kasih) dan embak. Kata DSA Affan, di usia Affan ini harusnya dia udah bisa ngomong 3 kata bergandengan seperti : aku mau makan. Nahhhh Affan jauh banget kan yaa, makanya dirujukin untuk terapi wicara sama DSAnya. Menurut temen temen gue di birth club sih si DSA ini agak berlebihan. Cuma ya nampaknya gue pun mengalami kesulitan untuk stimulasi dia, jadi kayanya  gue akan tetep minta bimbingan si terapis sambil gue cek dulu progressnya setelah masuk daycare nanti (kenapa Affan masuk daycare, will be told later ya)

Semoga Abang sehat selalu, semakin pinter dan bahagia terus ya Nak! Per 1 September 2014 nanti Affan akan nemuin satu fase kehidupan baru, Affan akan di daycare sama temen temen Affan. Abang harus tough yaaa, kan Abang anak pertama 😀 Belajar dan makan yang baik yaa Bang, semoga Allah senantiasa melindungi Affan dimanapun Affan berada. Amien.

LOVE,

affanaimar : 13 mos

Assalamualaikum,

Alhamdulillah 13 Juli 2014 lalu Affan udah 13 bulan yeay!

13 bulan ini Affan banyak banget progressnya. Affan udah makin pede jalan sendiri, makin lancar gak seradak seruduk lagi kaya sebelumnya hehehe. Kalo diajak ke mall juga udah asik banget udah jalan sendiri walau tetep harus digandeng karena kadang jalannya ga tentu arah hahaha.

Udah bisa jalan sejak umur 11 bulan, gue agak sedikit lega. Rasanya PR gue kelaaar. Padahal belum banget. Masih banyak yang harus diajarin dan distimulasiin ke Affan. Salah satunya adalah ngomong. Untuk ngomong ini, Affan makin paham kalo diajak ngomong. Dan kadang nyautin kalo kita tanya, walau dengan bahasa yang kita ga ngerti artinya. Sampe saat ini gue masi cari cara untuk stimulasi ngomongnya dia. Semoga cepet bisa  nambah banyak kata di bulan selanjutnya ya Bang 🙂

Affan sekarang juga udah pinter mengekspresikan kemauannya. Kalo ga dikasih suka rewel. Tapi alhamdulillah masi bisa dialihkan dengan hal lain jadi Affan itu jarang banget nangis.

Oh iya Affan lagi sering banget gue perkenalkan sama buku. Pengen banget Affan suka sama buku nantinya. Dulu pas dibawah setahun masih pake soft book atau buku bantal. Sekarang udah naik tingkat makenya board book. So far sih respon dia oke, dia udah nunjukkin minatnya ke si buku. Tinggal PR gue adalah rutin ngedongengin dia tiap malem dan berburu banyak buku buku bedtime stories. Mendongeng? Yes. Mendongeng diyakini punya dampak signifikan terhadap psikologi anak. Diantaranya :

  1. Meningkatkan keterampilan bicara anak, karena bayi atau balita akan kenal banyak kosa kata.
  2. Mengembangkan kemampuan berbahasa anak, dengan mendengarkan struktur kalimat.
  3. Meningkatkan minat baca.
  4. Mengembangkan keterampilan berpikir.
  5. Meningkatkan keterampilan problem solving.
  6. Merangsang imajinasi dan kreativitas.
  7. Mengembangkan emosi.
  8. Memperkenalkan nilai-nilai moral.
  9. Memperkenalkan ide-ide baru.
  10. Mengalami budaya lain.
  11. Relaksasi.
  12. Mempererat ikatan emosi dengan orang tua.

Sumber : Ayahbunda

Soal pertumbuhannya, alhamdulillah berat badan dan growth chart nya masih oke banget. Affan lagi doyan makan, mungkin karena sekarang udah makan table food yang lebih ada rasanya, dia jadi lahap makan. Favoritnya itu rendang dan kari karian. Bener bener nurun emak bapaknya ya 😛

Semoga Abang semakin pinter dan sehat selalu ya. Happy thirteen, little kid!

Kisses,

Affan’s Birthday Wishes

Assalamualaikum,

Huaaaa long time no post nih kayanya hehehe. Banyak banget utang tulisannya. Berhubung Affan udah tidur, jadi bisa disambi blogging deh.

Oh iya, ulang tahun Affan kemarin rasanya seneeng, seru, pusing dan ribet campur aduk. Ribet dan pusingnya udah pasti karena nyiapin pesta kecil yang ala ala. Senengnyaaa, karena bisa liat Abang happy di hari ulang tahunnya plus bacain wishes dari orang orang.

Terima kasih banyak untuk yang sudah mendoakan Affan, semoga doa kalian dijabah Allah dan semoga Allah membalas kebaikan hati kalian amin 🙂

Much love,

Affan’s 1st Birthday Favor

Assalamualaikum,

Mau cerita sedikit tentang ulang tahun Affan kemarin. Awalnya pengeeeen banget ngerayain ulang tahun Affan, secara ini kan ulang tahun pertamanya ya. Banyak yang bilang gak usah (termasuk Ayahnya) karena belum ngerti juga anaknya. Tapi gue kekeuh ya ga ngerti makanya harus dibikin ngerti alias diajarin hehehe. Udah survey kesana kesini dan tercengang luar biasa sama harga-harga yang ditawarkan karenaaa temen temen dan sepupu Affan banyak bangeeet. Temennya aja ada 28-an anak dari birth club, belum anak anak dari temen kampus, dari temen SMA, belum sepupunya, belum emak bapaknya, belum siblingsnya, belum keluarga, oh nooooooooo! Dan sebenernya ada sih pilihan untuk ngadain di restoran fast food, tapi gue kok ragu dan belum tega kalo harus ngasi makan temen-temen Affan makanan cepat saji. Bisa aja sih temen temennya ga makan, atau dikasi makanan lain, tapi yaaa duit lagi doooong *emak kere*

Akhirnyaa, diputusin lah kalo ulang tahun Affan akan dibuat secara sederhana aja. Nanti kita akan tetep ngedekor kamar, ngerayain dirumah bareng orang serumah, potong kue, tiup lilin, dan bagi-bagi goodie bag ke anak panti, sepupu, tetangga, plus beberapa temen dari birth club Juni yang tinggal di sekitaran Depok. Lumayan menyita tenaga, uang dan emosi sih yaa bikin beginian hehehe.

Pemilihan Tema

Walau gak dirayain, gue pengeen banget semua ini dibikin pake tema. Gak perlu pikir panjang, tema yang gue pilih untuk ulang tahun pertama Affan ini adalah Monkey. Kenapa monyet? Soalnya Affan punya banyak banget baju motif monyet, dan gue suka banget warna coklat. Jadi dipilihlah monkey as the theme.

Kado

Tetep ngasih kado? Yes of course! Kado yang gue kasih ke Affan bukan sepeda baru atau mobil mobilan pake accu. Selain emaknya ga mau keluar duit banyak, gue mau kasi kado Affan sesuatu yang bisa bikin dia inget masa kecilnya. 2 album foto untuk kado ulang tahun Affan yang pertama. Dan udah niat setiap tahunnya akan membukukan foto foto Affan via printerous.com .. Dan ini kado ulang tahun pertama gue untuk Affan. Big thank you, Printerous!

Dekorasi

Untuk mendekor kamar, gue pesen personalized bunting flag di @toko_dessert_table dengan kombinasi warna merah dan kuning. Merahnya nyamain sama balonnya. Alhamdulillah balonnya dapet gratis dari temen Affan, walau ada tulisan Morinaganya tapi ga masalah deh wong itu juga susunya Affan 😉

Cake

Untuk cupcake dan birthday cake gue pesen di Mbak Mariana Nugroho (hoggerngogger.blogspot.com). Gue pesen cake diameter 20 cm, dengan layer coklat dan mocca dan bertemakan monyet juga, dan minta dominasi warna kuning pastel. Alhamdulillah jadinya sesuai keinginan bangeeeet! Makasih banyak mbak 😉

Personalized Label & Paperbags

Untuk pembuatan paperbag dan stiker stiker, gue bikin di @miyoku2 dan @toko_dessert_table juga. Design monyetnya udah gue kasih tinggal mereka aplikasiin aja dan thank God semuanya sesuai request 🙂

Goodie Bag

Untuk goodie bag ini gue konsentrasi penuh bangeeet deh (blah!). Say bye bye sama budgeting zzzz. Poin dari goodie bag ini adalah sebisa mungkin goodie bagnya tepat guna dan tepat sasaran. Gue mau souvenir yang gue kasih bisa berguna, dipakai dan dikonsumsi sama temennya. Akhirnya saking mau bergunanya, gue membagi goodie bag ini jadi 4 kategori kaya gini :

1. Untuk temen temen birth club Affan yang usianya 11 bulan-1 tahunan. Isi goodiebagnya : kotak makan, handuk muka, UHT Diamond plain, bento box, chocolate cupcake, banana jelly buatan sendiri, macaroni schotel buatan sendiri, cookies karakter.

Bento dan Cookies Karakter by Elga’s Kitchen

Fat Fork Box by MyHeartGift Souvenir

2. Untuk para siblings di birth club, usia 3-4 tahun. Isinya : handuk muka, krayon, buku mewarnai, playdoh, UHT, bento box, cookies karakter, macaroni schotel buatan sendiri, banana jelly buatan sendiri, chocolate cupcake, dan snack snack supermarket. Snacknya gue pilih yang minim MSG dan cuma ada 1 produk yang mengandung MSG. Snacknya itu kemarin : biskuit Golden Oreo, sereal Kellogg’s, Better, Serena, Twister Minis, Biskuat, Slai O’Lai, Oreo Softcake, Kraft Keju Cake, dan Chocolatos.

3. Untuk sepupu Affan yang usianya 1-3 tahun. Isinya : handuk muka, playdoh, sama snack supermarket kaya diatas. Sepupu Affan ini ga dapet makanan home made karena baru ketemu nanti minggu depan jadi daripada basi mending gausah dulu deh.

4. Untuk tetangga dan temen temen Affan yang kurang baik nasibnya di Panti Asuhan Putra Utama 4 Jakarta Timur. Isinya snack supermarket, kotak pensil dan nasi kuning. Nasi kuningnya ga sempet difoto karena langsung diambil dan dianter ke panti. Isi snacknya hampir sama hanya diperbanyak sedikit.

Smashed Cake

Smashed cake itu tradisi sih ya. Ceritanya yaa kue pertama untuk si anak. Gue bikin sugar free banana cake pake resepnya Mama Pryta Aditama disini. Gue modif sedikit pake gula halus atasnya karena masih ragu ngasih cheese cream untuk frostingnya.

Buang buang duit? Nah, banyak banget yang komen sinis soal perayaan ala gue ini. Yaaah cuma bisa menanggapi, gue ga buang buang duit kok. Gue kerja juga buat anak, buat nyenengin anak. Toh gue ga minta duit sama orang sih buat bikin ginian. Lagian gue seneng kok bisa berbagi dan ngajarin Affan berbagi kebahagiaan kaya gini 😀

Akhirnyaaa, alhamdulillah bangeeet semuanya berjalan baik baik aja dan Affan seneng banget liat dekorasi kamar, makan smashed cakenya juga happy. Gak sia sia jadi zombie tiap malem, selalu tidur diatas jam 10 karena banyak ngerjain perintilan. Nanti dipost deh ekspresi Affan pas smashing cake 🙂 Abang, selamat ulang tahun yaaa. Semoga Affan seneng sama perayaan sederhana ala ala Mommy yah. Doain Mommy semoga tahun depan bisa bikin ulang tahun Affan yang lebih menyenangkan lagi untuk Affan dan temen-temen Affan yah.

Mommy loves you,

affanaimar : 12 mos

Assalamualaikum,

Alhamdulillah, Affan udah 12 bulan alias setahun sekarang. Huaaaa rasanya baru kemarin Affan lahir, sekarang anaknya udah jalan jalan aja 😦

Dan sujud syukur bangeeeet di usianya yang ke 12 bulan ini, Affan udah bisa jalan walau masih moody-an. Berat badannya juga udah mencapai 3x berat lahirnya sesuai yang DSAnya kasi tau. Syukur tidak terkira, tidak terbilang ngeliat perkembangan Affan sekarang. Ngomongnya juga udah lumayan ga jelas hahaha. Mommynya udah tenaaang Affan udah jalan sekarang.

Menjelang 12 bulan ini Affan sempet radang tenggorokan sampe susah makan tapi alhamdulillah beratnya ga turun. Selamat ulang tahun, Affan Aimar! Target abang selanjutnya : toilet training, lepas botol dan lancar ngomong ya Bang! :*

Kisses,

affanaimar : 11 mos

Assalamualaikum,

Alhamdulillah Affan sudah 11 bulan sekarang. Seneng banget liat tumbuh kembang anak ini, selalu menggembirakan Mommy-nya hehehe. Over all, Affan sehat dan semakin banyak tingkahnya tentunya 🙂 Terusss Affan udah bisa apa dari 10 ke 11 bulan ini?

Dari segi bicara, Affan ada kemajuan nih. Cuma kalo kemarin kebanyakan lafal a, sekarang udah bisa lafal e. Lagi hobi tuh babbling beb, mbem, bebem, mbeb, mem, mpet. Lucunya, dia udah bisa make 1 kata untuk nunjukin sesuatu. Kaya mamam, dulu dia asal njeplak aja mamam mamam. Sekarang dia tau mamam itu makan. Tiap liat gue siap siap nyuapin dia, dia langsung mamam mamam. Kalo mulutnya udah kosong juga dia akan bilang mamam mamam mamam. Kalo mau pergi dia udah tau, akan langsung nyebut bebem bebem mbem yang mungkin artinya mobil hihihi lucu bangeeet 😀

Teruus, Affan sekarang kalo di foto udah bisa nyengir selebar lebarnya sampe matanya ilang hahaha. Sampe kalo dia lagi marah, kita foto, langsung nyengir 😀 Affan juga udah bisa mukul mukul ubin  kalo kesel sambil bilang “uh, uh” -_- Eh iya dia juga kalo dibilang ih malu iiiih, akan langsung tutup mulut atau mata sambil senyum malu malu hahaha.. Yang paling hits sih, dia akan nyisir sendiri kalo kita suruh dia nyisir 😛

Affan juga makin gak bisa dieeem banget. Alhasil memar memar itu udah temenan banget ama dia deh. Kejedot teruuus, kepentok terus 😦

Dan Affan sekarang udah bisa jalan dengan digandeng tangan satu. Kalo dilepas belum bisa kayanya tapi lumayanlah dia udah bisa digandeng-gandeng di mall 🙂 Kita perbanyak lagi stimulasinya ya Abang biar setahun udah bisa lancar jalannya amin.

Abang, sehat selalu yaaah. Sebentar lagi ulang tahun. Target Mommy, abang bisa jalan lancar pas umur setahun yah. Dan seperti kata DSA Affan, umur 1 tahun, berat badan bayi harus mencapai 3x berat lahir dan alhamdulillah Affan udah achieved, tinggal mempertahankannya aja ya peernya. Semangat Abang! Abang pasti bisaaaa!

Kisses,

affanaimar : 10 mos

Assalamualaikum,

Yeaaay alhamdulillah Affan udah 10 bulan per 13 April 2014 kemarin .. Perjalanan dari 9 bulan ke 10 bulan alhamdulillah baik dan sehat sehat aja.

Terus Affan bisa apa sekarang?

Sekaraang Affan banyak ngomong banget.Udah bisa ngomong : a’ (berarti doa), mamam, mama, a’ah (ayah), bababa, mba. Kadang dia babbling sendiri ga jelas ngomong apa. Huaaaa seneng banget denger dia bawel. Walau Mommy harus sabar yah denger Affan ngomong “Mommy” tapi yakin kok one day Affan pasti bisa 🙂

Dan sekarang Affan adalah peniru ulung. Apa yang kita contohin dilakuin. Disuruh pukul Ayahnya, dicontohin dikit, diikutin. Hahahaha gawat deh yaa harus bener bener “manis” depan dia sekarang. Dia bisa pura pura nangis sambil senyum senyum, bisa pura pura dagang kue dengan naikin tangan ke atas tiap kita bilang “kueee, kueeeeee”. Teruus, kalo kita bilang “ih cape ih” dia akan pura pura ngos-ngosan, kalo kita bilang kaget dia juga akan nepuk nepuk dadanya kaya orang kaget -_- Selain itu, salim dan tos udah lancar jaya banget sekarang. Pinter abang!

Satu lagi yang paling berasa adalah Affan udah ngerti main. Maunya maiiiin terus. Maunya melantai terus. Merangkak, diri, merambat itu hobinya sekarang. Udah bisa minta main juga, kalo ngajak main pasti nunjuk nunjuk ke gorden ruang sebelah karena dia biasa main disitu.

Dari berat badan alhamdulillah Affan tanggal 12 kemarin ditimbang dan udah mencapai 2 digit angka timbangannya. Yeaaaay! Tinggal butuh sedikit lagi biar 1 tahun bisa mencapai 3x berat badan lahir. Ga heran sih karena dia makan banyak bangeeet sekarang. Apa yang gue masak ludeeees terus sama dia.

Untuk pergigian masih stay 7 giginya, cuman gigi bawahnya akan keluar bentar lagi kayanya dan di bagian dalem udah nampak putih putih di gusi rahangnya. Semoga ga bikin Abang susah makan lagi yah Nak 🙂

Happy 10 mos kesayangan Mommy Ayah yaaa. Semoga sehat terus, makin pinter dan cepet jalan yah hehehe. Mommy loves you, Abang!

Love,