Resep MPASI : Puree Pisang + ASIP/Sufor (6m)

Assalamualaikum,

Alhamdulillah Affan udah lulus tes alergi untuk serealia yaitu beras coklat dan sereal 5 grains nya Gasol. Tinggal ngenalin Oat dan sekarang saatnya memperkenalkan buah ke Affan. Buah yang pertama gue pilih untuk Affan adalah pisang. Pertimbangannya ya pisang manis dan umum aja untuk dikenalkan ke bayi. Pisang ini juga kaya karbohidrat dalam bentuk pati dan gula. Selain itu, pisang mengandung cukup banyak vitamin A, serta sedikit vitamin B1 dan C. Kandungan mineral paling menonjol pada pisang adalah kalium atau potasium. Pisang yang bisa dikasih ke bayi diantaranya pisang ambon, pisang kepok, pisang raja, pisang ambon lumut, pisang barangan atau pisang cavendish masam Sunpride. Kali ini gue memilih pisang Ambon, ya gue milih yang aman aja deh pisang Ambon kan sudah pasti manis dan ga ada asem asemnya sedikitpun.

Bahan :

  1. 1 buah pisang Ambon
  2. ASIP / Sufor

Cara membuat :

  1. Kerok pisang dengan sendok sampai ketengahnya (Bagian tengah pisang ga gue pake karena banyak yang bilang bisa bikin sembelit. Ya gak tau bener apa enggaknya cuma ya mencegah aja)
  2. Encerkan dengan ASIP / Sufor sampai mencapai kekentalan yang diinginkan.

Untuk pisang ini lebih baik sih ga distorage di kulkas ya mengingat pisang cepet banget jadi item. Jadi mendingan fresh aja ketika mau makan baru kita bikin.

Reaksi Affan pas makan ini pertama kali adalah dia ngeluarin ekspresi mau muntah tapi tetep setengah mangkok hampir habis. Besokannya makan ini lagi baru mukanya biasa lagi, gak hoek hoek lagi. Alhamdulillah Affan tidak menunjukkan tanda alergi pas makan ini. Pup juga lancar jaya ga ada sembelit. Kedepannya berarti aman deh si pisang ini untuk dicombine sama bubur Gasol atau oat.

Love,

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s