Cerita Melahirkan – Part 2

Assalamualaikum guys!

Akhirnyaaah lanjut lagi ceritanya yaa hehe..

Kamis, 13 Juni 2013

Pagi ini bangun lebih pagi dari biasanya. Masih sempet beberes kamar sebelum pergi. Sempet ricek koper ke rumah sakit juga takut ada yang kurang kurang. Hari ini kerumah sakit rencananya dianter suami dan papa mertua. Dan akan ketemuan langsung di RS sama Mama.

07.30

Mulai turun kebawah, suami nurunin koper, masukin ke mobil, dan gue suruh sarapan dulu takut di rumah sakit ga sempet makan, berhubung ini pertama kalinya buat gue nginep di rumah sakit, jadi gue memutuskan untuk sedikit egois : gak mau ditinggal tinggal hahaha. Sambil nunggu suami makan, mama mertua dan kakak ipar mulai ngasih wejangan wejangan dan bacaan bacaan doa buat dibaca biar semuanya lancar. Agak sedih juga, karena kesannya wah kok horor ya, bisa ga ya gue dan bayi gue selamat paska operasi. Pikiran pikiran aneh mulai dateng. Tapi coba ditepis dengan pasrah dan ikhlas aja. Selama 40 minggu gue sudah doing the best to protect this baby inside, kalo nanti kenapa kenapa ya apa lagi yang bisa dilakuin selain ikhlas.

07.45

Jalan dari rumah berangkat ke rumah sakit, plus mampir dulu ke booth ATM buat ngurusin tunggakan tunggakan dan tagihan walaupun belom jatuh tempo biar beres semua ga kepikiran apa apa. Oh iya, ke rumah sakit ini cuma modal duit 300ribu didompet, itu juga buat makan suami dan beli beli minuman kalo ada tamu hehehe

08.00

Sampe rumah sakit langsung ngeloyor ke poli, nyariin dokter sofani nan cantik. Doi ternyata lagi ngoperasi diatas jadi cuma bisa nanya suster dan akhirnya langsung disuruh naik ke lantai 2, FYI, lantai 2 di RS Mitra Depok ini khusus buat lahiran ditambah ruang operasi + ICU + NICU + IMU. Dilantai 2, meluncur ke counter bidan dan celingukan aja bedua suami. Akhirnya berhubung surat pengantar rawat gue udah lewat tanggal, si bidan nelpon dokternya, baru deeeh gue diokein untuk urus admin dibawah.

08.30

Sudah urus administrasi, dan terpaksa ngambil kelas 3 karena kelas yang gue mau penuh dan cuma nyisa super vip dan kelas 3. Yaaa enggak mampu lah yaa udah sesar terus kamar super vip haha. Dianter ke kamar, alhamdulillah kamar kelas 3 di mitra bersih, rapi dan ga jelek menurut gue. Kamar mandi juga ada dua.

08.45

Dateng bu bidan, dicek tensi darah dan sedikit di tanya tanya tentang riwayat penyakit. Thank god, walau kelas 3 tapi bidan bidan ini super baik, helpful dan menyenangkan. Setelah tensi, lil kiddo diperiksa detak jantungnya dan alhamdulillah normal. Selesai periksa jantung lil kiddo, giliran cek detak jantung ibunya. Nah ternyata detak jantung gue yang rada cepet. Kata bu bidan, “Waaah, ibunya deg degan ya..” *mesem*

09.15

Kebetulan dr. Sofani pas visit. Jadi ternyataaa, seruangan itu pasien dia semua. Si dokter nyempetin ke bed gue dan nyapa, “Halo Radita, jadi SC nih ya? Puasa dari jam 10 ya, nanti kita pasang infus ya, glukosa biar gak hipoglikemi. Kita operasi jam 12 okay? See you!” Dan seketika gue tenang.

09.30

Dateng analis lab. Ngambil darah.

09.45

Dateng bidan untuk shaving bulu bulu disekitar areal operasi. Aaaa maluu loh harus ngangkang sana sini depan orang laen! *pasrah* *pura pura merem nahan malu*

10.00

Bidan dateng, suruh ganti baju operasi which is tipis banget warna putih dan dipasang infus. Oh noooo ini bagian paling gue takutin. Dan setelah sekali gagal, kedua kalinya infus berhasil dipasang. Sakit!

10.30

Dokter anastesi, dr. Heru, visit. Nanya nanya tentang riwayat operasi dan periksa fisik sebentar. Setelah ini gue nunggu sampe jam 12. Ngobrol sama suami dan nyoba baca baca yasin dan surat pendek.

11.50

Suster dateng, minta gurita ibu buat dibawa ke ruang operasi. Dan suster mulai ngedorong bed gue ke ruang operasi. Gue dan suami mungkin emang bukan tipe romantis. We didn’t say anything. Sempet mikir, kalo abis gini gue kenapa napa trus ga ketemu lagi gimanaaaah??? *drama abis*

Ruang Operasi RSMK Depok, 11.50-13.00

Ruang operasi itu rasanya mencekam. Hawanya hawa horor. Perawat pake baju biru muda, bermasker, make tutup kepala, mondar mandir, dingin sampe nusuk tulang, dan gue sendirian. I mean, kalo lahiran normal kan ada pak suami atau mama yaa, ini enggak.

Setelah masuk, ditanya tanya sama perawat cowok dan dia makein tutup kepala ke gue. Setelah itu di CTG ulang dan alhamdulillah masih normal detak jantung lil kiddonya. Abis ctg, seinget gue, si perawat itu makein gel di tulang belakang sampe tulang ekor gue mungkin tujuannya sterilin bagian yang mau di suntik epidural nanti. Abis gitu dipindahin ke tempat tidur yang lebih kecil. Dan baru tau, mindahin pasien kaya mindahin barang -_-

Beberapa menit kemudian gue didorong ke kamar operasi nomor 3. Kamarnya ga terlalu besar, lebih dingin sampe gue gemeteran, banyak alat alat besar kaya di Grey’s Anatomy, bunyi bunyian alat pantau detak jantung yang kaya di pelem pelem. Aaah horor pisan -_-

Gak lama gue dipindah ke meja operasi, diatas gue ada lampu sorot segede gede apa tau. Terus dokter anastesi dateng, gue diminta duduk dan agak bungkuk sambil meluk bantal. Kemudian si dokter nyuntikkin epidural di tulang ekor dan rasanya nyeeeees dari pinggang ke bawah berasa anget. Dites beberapa kali untuk angkat kaki, dan ga bisa! Berarti gue udah terbius lokal dengan sempurna.  Setelah dibius, gue dipasang kateter dan cowok yang masang! Gue harus pasrah ngangkang lagi dan depan lelaki lain! Maluuu!!!!

Dan setelah itu gue dipasangin oksigen diidung, ditempel alat rekam jantung, dipasang tirai di perut, dan seketika gue pengen nangis. Inget cerita Kak Nanda, sepupunya koma terus meninggal setelah operasi SC. Bismillah ya Allaaaah, masih pengen ngerawat lil kiddo 😦

Kemudian dateng dokter anak, dr. Yusnita, SpA. Menyusul dibelakangnya dr. Sofani dan dia beda. Make baju operasi dan bootsnya kereeeeen banget! Stylish abisss! Si dokter kemudian ngintip ke gue dan bilang “Beneran Radita kan ini ya? Bismilah ya baca doa, insya allah ga ada apa apa. Serahin sama saya, dan Allah pastinya” 

Gue cuma ngangguk dan dalam hati bilang, “Naaak bentar lagi ketemu loh. Ya ampun muka kamu kaya siapa yaa? Lengkap gak ya? Langsung nangis gak ya?” 

Yang dirasain saat itu cuma perut di uwek uwek. Suasana santaaaai banget, ngobrol sama si dokter. Dan beberapa menit kemudian si dokter mulai heboh sambil bilang ke perawat yang stand by di belakang kepala gue untuk bantu ngedorong dari atas. Dan kayanya lil kiddo susah keluar karena beberapa kali terdengar :

“Waduh ini gede ini”

“Ayo toh lee yuk keluar yuk pinter”

Dan tiba tiba perawat laki laki dibelakang gue ngedorong perut gue dari atas ke bawah keras banget sampe gue agak sesak nafas keteken teken dadanya dan teriaklah lil kiddo.

Dia dibersihin sebentar kemudian imd dengan muka masih banyak darah kering yang nempel. Dan gue bener bener gatau apa yang gue rasain. Pas diliatin mukanya, gue nangis. Alhamdulillah sehat, lengkap, normal dan putiiih banget dia sampe banyak dibilang ganteng sama perawatnya.

Kemudian lil kiddo dibawa untuk dibersihin, di adzanin dan diobservasi. Pas dia pergi gue tarik nafas, bersyukur masih hidup dan berharap anak gue ga kenapa napa.

Abis gitu, sekitar 15 menit dr. Sofani ngeberesin jaitannya dan pas selesai dia bilang, “Okay, done ya Radita. Selamat yaa dan selamat bergadang”

Dan gue saat itu bilang makasih banyak sama dokternya, dari awal sampe sekarang, thanks for being sooo helpful for me. Aaah gue jatoh cinta berat sama dokter gueeeee, dan tiba tiba sedih karena besok besok ga kontrol sesering dulu *lebaaaay*

Abis keluar kamar operasi, masuk ruang observasi dan suster masih mantau gue karena di kateter, urin gue masih darah semua sampe jam 5 sore.

Jadii, buat yang bilang kalo belom lahiran normal itu belom wanita sejati atau ibu sejati, cobain deh! SC itu resikonya jauh lebih gede dari lahiran normal. Alhamdulillah gue baik baik aja, lil kiddo juga.

And thank you so much Mitra Keluarga Depok, untuk keramahan, hospitality, dan profesionalitasnya. Akan segera direview soon!

Love,

TDP

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s